Beberapa tahun belakangan, makin menjamur club motor dan mobil baik itu di kota besar maupun di kota pinggiran, kecil, dan bahkan daerah. Berawal dari hanya sekedar hobby nongkrong yang kemudian membentuk kesatuan visi dan misi. Entah…hanya karena perkembangan zaman atau sekedar ikut-ikutan, pencarian jati diri, atau pun memang karena ingin eksis dan mencari pengakuan. Di sini kami hanya ingin mengupas tentang kendaraan bermotor roda 2, atau yang sering kita sebut motor maupun sepeda motor.
Start awal mungkin sebut saja Biker Brotherhood yang berlokasi di Bandung. Yang kemudian disusul berbagai macam club, baik itu berbendera pabrikan hingga yang terdiri dari berbagai macam jenis kendaraan. Berbendera pabrikan, maksudnya adalah dalam suatu club hanya terdiri dari satu macam jenis atau tipe motor saja. Bahkan…dalam satu kota besar semacam Bandung, Jakarta, dan Surabaya, jumlah club tersebut bisa mencapai ratusan club…seperti yang biasa kita lihat pada hari Sabtu malam Minggu di tepi-tepi dan trotoar jalan protocol di Lumajang.
CLUB MOTOR
Sebuah club motor memiliki kejelasan dalam member, yaitu bikers yang mempunyai hobby motor. Kecenderungan sebuah club membawa bendera pabrikan dan memiliki atau menyebut nama suatu tipe tertentu dan atau menyebut nama pabrikan tersbut. Sebut saja MAPRAS (MegaPro Association Surabaya), club MegaPro tertua di Indonesia. Biasanya, club motor memiliki agenda kegiatan yang jelas, semacam kegiatan social dan bekerja sama dengan dealer yang menaungi mereka atau dengan pihak kepolisian untuk mengkampanyekan safety riding.
Add caption |
- Mengenakan perlengkapan berkendara sesuai dengan syarat safety riding yang telah disosialisasikan oleh pihak kepolisian
- Baik motor maupun pengendara atau pemiliknya sama-sama lengkap, dalam artian…motor tidak bodong (lengkap surat-suratnya, seperti SIM, STNK dan BPKB). Modifikasi motornya pun tergolong safety dan nyaman, dan kadang tidak lupa menambahkan top box di bagian belakang motor dan atau side box di bagian samping jok belakang motor yang biasanya berguna untuk meletakkan helm dan berbagai barang lain keperluan pengendara di saat touring maupun kegiatan lainnya.
- Pada umumnya, sebuah club motor hanya terdiri dari satu merk motor dan atau satu tipe motor saja, sekalipun ada juga yang terdiri dari berbagai macam motor namun memilik satu kesamaan entah dari warna atau modifikasi lainnya.
- Memiliki tempat KOPDAR yang tetap dan berada di tengah keramaian, semisal di jalan protocol agar dapat dilihat khalayak luas. Selain itu juga agar dapat saling mengenal dengan sesame member club lainnya. Biasanya, club satu dengan club yang lain saling mengenal lokasi masing-masing BASECAMP(sebutan lokasi KOPDAR club dan komunitas) club yang ada.
- Ngga bakalan ada kekerasan dalam diklat member baru…karena just for fun, formalitas, pengetahuan tentang motor, safety riding, tanda fisik dalam touring, dan peguyuban nang menaungi club motor tersebut – misalkan MAPRAS tergabung dalam AMI (Asosiasi MegaPro Indonesia)
- Memiliki kejelasan dalam visi dan misi dan jauh dari anarkis
- Melakukan touring secara terkoordinir dengan agenda yang jelas dan secara safety riding
- Sering melakukan kegiatan social semacam bakti social ke panti asuhan, ke anak-anak jalanan, fakir miskin, penanaman bibit pohon, pelepasan bibit ikan, dan lain sebagainya
- AD / ART jelas dan terdaftar dalam kepolisian dan atau wadah dari perkumpulan club motor tersebut seperti paguyuban dan komunitas bentukan main dealer
- Brotherhood: saling menolong member club lain ketika menemui kesulitan atau trouble di jalan, baik di dalam kota maupun di luar kota
- Memiliki tujuan dalam berkendara dengan peraturan yang jelas, tegas, sekalipun kadang tidak membebani member-membernya.
Lebih mudah mengenali cirri-ciri club motor, karena yang jelas mereka tidak ugal-ugalan di jalan karena mereka biasanya memiliki team RGO (Road General Officer) yang bertugas mengatur Sekalipun terkadang masih saja ada club-club motor yang bersikap arogan dan tidak mengenakan perlengkapan safety riding, serta memiliki pengetahuan yang minim tentang tertib berlalu lintas, namun bagi club motor yang sesungguhnya, mereka jauh lebih terhina jika mendapatkan membernya tidak tertib di jalan, apalagi melakukan hal-hal yang melanggar norma dan peraturan. Mereka pun lebih memilih fleksibel serta bermusyawarah dalam memecahkan masalah apapun baik ketika di jalan maupun internal dan eksternal dengan club lain jika dibandingkan dengan pemecahan secara baku hantam.
KOMUNITAS MOTOR
Terkadang susah ketika kita mencoba membedakan sebuah komunitas dan club motor. Memang, komunitas motor tidak jauh beda dengan club motor, sama-sama tidak melakukan kegiatan yang anarkis, rusuh, dan tawuran. Hanya saja, dari sisi safety riding, komunitas motor berbeda jelas dan lebih cenderung ke kegiatan touring atau memposisikan visi-misi atas kesepakatan membernya. Dan mereka tidak berpatokan pada satu merk pabrikan motor, dan atau tipe motor tertentu.
Berikut adalah ciri dari KOMUNITAS MOTOR:
- KOMUNITAS atau dalam bahasa Inggrisnya COMMUNITY terdiri dari beberapa merk motor dan atau tipemotor, bebas dengan berbagai macam aliran. Misalkan RNNB (Rider Nangdi Nangdi Bareng Communtity),WHIMOC (White Motor Club), dll
- Berdiri karena adanya kesatuan visi-misi yang terbentuk dalam suatu perkumpulan orang-orang dalam satu kompleks, pabrikan, atau perusahaan dan intansi tertentu
- AD / ART lebih simple dan tidak terlalu banyak, terkadang malah tidak mengikat
- Ada persamaan dengan club motor dalam misi social karena sama-sama memiliki keinginan berbagi kepada sesama dalam kegiatan-kegiatan social dalam agenda mereka
- Terkadang dalam barisan touring, mereka agak lambat karena banyaknya member atau karena efek modifikasi (seperti kondisi motor yang ceper, dll)
- Dalam satu komunitas bisa juga terdiri dari beberapa club motor
- Solidaritas adalah yang terutama, apapun motornya yang penting solid dan saling bekerjasama
- Diklat member baru tidak anarkis, dan hanya sekedar pengenalan dalam komunitas tersebut dan sosialisasi akan peraturan yang berlaku dalam komunitas tersebut.
- Member hanya sebatas komunitas, terbentuk karena seringnya ngumpul bareng dan berdasar keinginan untuk touring bareng, sehingga terbentuklah wadah untuk penyaluran hobby mereka
- Hanya nama dan logo mereka saja yang tercatat di kepolisian tanpa dilengkapi dengan AD/ ART, sekalipun masih ada juga yang tidak melaporkan keberadaan mereka kepada pihak kepolisian.
- Peraturan dan tujuannya jelas walaupun tidak membebani membernya.
Tapi, terkadang masih saja ada club motor yang ugal-ugalan dan arogan di jalan, sehingga tidak dapat disangkal…kadang rekan-rekan komunitas lebih tertib di jalan raya jika dibandingkan dengan club motor yang ada. So…mudah-mudahan, artikel ini bisa membantu atau sedikit menjelaskan perpedaan anatara GENK MOTOR, CLUB MOTOR, dan KOMUNITAS MOTOR, sehingga dapat digunakan sebagai tambahan untuk membentuk salah satunya, dan sebagai cermin bagi masing-masing kita
perlengkapan motor touring
BalasHapusberita otomotif terkini
berita otomotif terbaru berita otomotif terbaru
komunitas otomotif indonesia komunitas otomotif indonesia
komunitas motor
oto news
modifikasi otomotif
berita komunitas motor indonesia
salam kenal dari kami
BalasHapustrima kasih infonya gan, bermanfaat sekali
TOA Jogja
Sirine
Sirine Patwal
Sirine Polisi
Strobo
Strobo Dashboard
Ampli TOA
Sirine Patwal
Kok itu yang terakhir kayak memojokkan geng motor ya...
BalasHapusKan gak bahas geng motor...
Itu bahasnya Club Motor dan Komunitas Motor...
KINI HADIR PERTAMA DI INDONESIA !! MOTOR MURAH TAMPA STNK (BPKB AJA)
BalasHapusDI JUAL MOTOR/MOBIL BPKB ONLY ( NON STNK ) BUKAN BARANG BODONG/CURIAN BARANG DIJAMIN 100% AMAN DAN TIDAK BERMASALAH, [motor kredit macet dari mandala yg kami jual ulang tampa STNK cuma BPKB aja]
Info lengkap kunjungi web kami di.
www.motormobil-only-bpkb.blogspot.com